Sunday, July 7, 2013

23


Sekitar dua minggu yang lalu, saya dibuat kesal sekali dengan orang-orang yang saya sayangi. Duhai, alangkah indahnya saling bermesra bila sudah lama tidak menyapa, sudah lama tidak bertukar senyum penuh rindu. Tetapi hari itu tidak. Yang keluar dari mulut adalah kata-kata menyakitkan dan jari telunjuk yang menunjuk tajam, menghujam dalam sampai ke dasar hati. Hingga, yang tinggal hanya amarah, kesedihan, kebencian serta kekecewaan.

Dua minggu yang lalu, tekanan demi tekanan, kewajiban demi kewajiban, pinta demi pinta, tangisan demi tangisan, semua beraduk dalam hati dan fikiran. Tak ada wadah untuk meluapkan, malah saya harus tetap tersenyum sambil terus merawat bunda saya yang masih terbaring sakit. Oh, jangan sampai bunda melihat ada yang berbeda pada diri ini. Bersabar lah, hatiku.

Tanggal 4 Juli yang lalu, selepas melipat mukena yang saya pakai untuk shalat subuh, saya mengingat kembali kejadian dua minggu yang lalu. Masih terbayang kalimat-kalimat kejam yang menusuk sampai ke jantung, masih lekat dalam ingatan saat telunjuknya sibuk menyalah-nyalahi saya dan dengan tegas menunjuk-nunjuk ke arah seonggok daging bernama hati, dan masih terekam jelas saat air-air yang keluar dari mata ini tidak sanggup memadamkan kekecewaan. Saya ingat semuanya.

Tetapi, ternyata riak-riak amarah itu tidak ada lagi. Hati saya… netral.

Dan tahulah saya, saya sudah memaafkan mereka. Dengan pemaafan yang indah. 

Tanggal 5 kemarin, saya telah meninggalkan 22, dan ini lah bekal penting yang saya bawa untuk perjalanan ke 23. Bahwa hati tidak butuh alasan untuk memaafkan.

Untuk itu, terimakasih, hidup. Dan terima kasih kepada Sang Pemilik Kehidupan, yang masih memberikan nafas, keluarga, sahabat, kesempatan, kesehatan, kelapangan jiwa, dan rasa cinta yang karenanya saya menjadi faham, bahwa tidak ada yang berjanji bahwa hidup itu mudah. Namun ia bisa dijalani, dengan syukur ke ufuk langit dan kesabaran tanpa batas. 

Birthday girl



bunch of cakes


3 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More